English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Tuesday, April 11, 2017

Menilai Praktek Nyanyian Jemaat di Jemaat-Jemaat Dalam Lingkup GMIT (Catatan Pengantar – 1/6)



Oleh: Pietro T. M. Netti
Tuan Rumah Rumah MUGER Kupang
Foto bersama Majelis Jemaat Viadolorosa Nefo Klasis Kupang Barat
Pada tanggal 7 Maret 2017 lalu saya dihubungi oleh Ibu Pendeta Elizabeth Riwu-Ratu, S.Si.Teol., sebagai Pendeta Jemaat/Ketua Majelis Jemaat Viadolorosa Nefo, sebuah jemaat GMIT di Klasis Kupang Barat guna melakukan “sharing” pendapat/pengalaman yang berhubungan dengan praktek Nnyanyian Jemaat & Musik Gereja.

Kegiatan ini merupakan salah satu program pelayanan yang telah diputuskan bersama dalam sidang jemaat di Jemaat Viadolorosa Nefo. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk berbagi pendapat dan/atau pengalaman yang berhubungan melakukan praktek nyanyian jemaat dan musik gereja yang baik dan benar.

Kegiatan yang berlangsung pada 5 April 2017 ini ditujukan khusus kepada Majelis Jemaat setempat yang diharapkan akan menjadi agen-agen perubahan yang nantinya akan membawa perubahan dalam hal praktek bernyanyi/bermusik yang lebih baik kepada jemaat.

“Kami menyadari bahwa praktek bernyanyi yang kita lakukan selama ini masih sangat jauh dari harapan. Kita belum bisa bernyanyi dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk-petunjuk notasi yang ada. Sehingga melalui kegiatan yang telah kita sepakati bersama ini, kita sebagai Majelis Jemaat bisa mendapat pemahaman baru terkait dengan cara bernyanyi atau bermain musik gereja dengan baik dan benar untuk kemudian dilanjutkan kepada jemaat.” ungkap ibu Pendeta Eliz dalam sambutannya.

Berikut ini adalah 5 Seri tulisan berturut-turut yang membahas praktek bernyanyi di dalam jemaat, dengan tema: “Menilai Praktek Nyanyian Jemaat di Jemaat-Jemaat Dalam Lingkup Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT)”:

1.         Praktek Nyanyian Jemaat Sebagai Sebuah Warisan
2.      Nyanyian Jemaat adalah Himne
3.      Notasi Angka dan Simbol-Simbol Dalam Notasi Angka
4.      Petunjuk-Petunjuk Lain Dalam Notasi Angka
5.      Masalah-Masalah Yang Sering Muncul Dalam Bernyanyi

SELAMAT MEMBACA!

0 comments:

Post a Comment