English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Friday, February 17, 2017

[Cetakan Kedua 2017] NKB Edisi Akord Karya Rumah MUGER Kupang


Oleh: Pietro T. M. Netti
Tuan Rumah Rumah MUGER Kupang

NKB Edisi Akord Cetakan Kedua 2017
Posting-an kali ini adalah koreksi terhadap posting­-an sebelumnya yang berjudul: NKB Edisi Akord Karya Rumah MUGER Kupang CetakanKedua 2017. Ada beberapa hal yang terlewatkan yang berhubungan dengan beberapa perubahan kecil yang baru saja diralat/dikoreksi di dalam NKB Edisi Akord Cetakan Kedua 2017  ini.

Berikut ini adalah posting-an selengkapnya tentang NKB Edisi Akord Karya Rumah MUGER Kupang Cetakan Kedua 2017 yang sudah termasuk di dalamnya perubahan-perubahan yang semestinya:

“NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang Cetakan kedua kembali hadir dalam edisi terbatas untuk kalangan sendiri. NKB Edisi Akord cetakan kedua ini adalah revisi terhadap NKB Edisi Akord Cetakan Pertama yang sudah dilengkapi dengan syair lagu dari 230 lagu yang terhimpun di dalamnya.

Pada Cetakan kedua ini tidak terdapat perubahan berarti pada isi buku sebagaimana yang ada pada Cetakan pertama.

Perubahan pertama hanyalah berupa koreksi terhadap kesalahan pengetikan pada lagu NKB 223a “HALELUYA”. Pada lagu tersebut (NKB 223a) sebelumnya tertulis dalam birama “4 ketuk” yang seharusnya “3 ketuk”.

Perubahan kedua adalah perubahan nada dasar dan simbol-simbol akord yang terdapat pada lagu NKB 201 “DI JALAN HIDUPKU” dari do = a menjadi do = c. Perubahan/koreksi ini dibuat setelah dalam praktek nada lagu dalam nada dasar do = a terkesan rendah ketika dinyanyikan baik oleh suara perempuan maupun laki-laki (apalagi).

Perubahan ketiga yang terdapat di dalam NKB Edisi Akord Cetakan Kedua 2017 ini adalah perubahan redaksi pada catatan/isi tentang NKB Edisi Akord. yang terdapat di awal-awal halaman (hal. vi), yakni sedikit perubahan pada paragraf yang membahas tentang surat permohonan dari saya kepada Sinode GKI perihal kerja sama untuk menerbitkan NKB Edisi Akord ini dan/atau memohon ijin untuk menerbitkannya secara pribadi.

Dan, perubahan keempat adalah adanya penambahan lampiran Surat Permohonan yang saya sampaikan ke Sinode GKI, serta surat jawaban/balasan dari pihak Sinode GKI kepada saya. Lampiran-lampiran tersebut adalah bukti bahwa pernah ada komunikasi antara saya selaku Tuan Rumah Rumah MUGER Kupang dengan pihak Sinode GKI berkaitan dengan NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang ini.

NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang yang dipersembahkan kepada teman-teman Pemain Musik Gereja saat ini (di tahun 2017 ini) adalah NKB Edisi Akord Cetakan Kedua. Sebenarnya sudah ada beberapa cetakan sebelumnya sejak 2011, tetapi NKB Edisi Akord tersebut masih dibuat hanya berupa pengetikan notasi angka dan pencantuman akord tanpa disertakan syair-syair lagu. Cetakan itupun hanya dipergunakan oleh saya secara pribadi dalam rangka melihat kembali untuk melakukan koreksi (editing) di sana-sini. Ada pula cetakan berikutnya (masih tanpa syair lagu) yang saya peruntukkan bagi beberapa siswa musik binaan saya.

NKB Edisi Akord yang sudah dilengkapi dengan syair lagu adalah hasil kerja saya yang lengkap dan final yang telah dilakukan sekian lama. Hasil kerja yang terakhir inilah, yang rampung pada 3 Agustus 2016, merupakan cetakan pertama, dimana saya merasa semua proses yang berhubungan dengan pengeditan teknis dan non teknis sudah mendekati 100% yang diharapkan. Dengan demikian, NKB Edisi Akord Cetakan Pertama ini pun sudah layak dimiliki oleh teman-teman Pemain Musik Gereja yang lain.  

Pada cetakan pertama NKB Edisi Akord yang dilengkapi dengan syair lagu ini sudah tercetak dalam bentuk print/fotokopi sebanyak ± 20 (duapuluh) eksemplar/buku, dan sudah dimiliki oleh teman-teman Pemain Musik Gereja yang berdomisili di beberapa kota di Indonesia, termasuk 1 (satu) eksemplar/buku dipersembahkan/dihadiahkan kepada pihak Sinode GKI. Dan saat ini, pada saat saya menulis posting-an ini, sudah ada 6 (enam) eksemplar/buku (NKB Edisi Akord Cetakan Kedua 2017) yang dikirim kepada teman-teman Pemain Musik Gereja di beberapa kota.

Kiranya melalui tulisan ini, perubahan-perubahan yang terdapat di dalam NKB Edisi Akord Cetakan Kedua 2017 ini menjadi catatan koreksi/ralat bagi teman-teman yang sudah terlanjur memiliki NKB Edisi Akord Cetakan Pertama.

2 comments:

  1. Syallom.... saya mau beli Buku NKB edisi akord ini untuk membantu pemain musik Gereja. Gimana caranya? Mohon dengan sangat bantuannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Shalom! Pak/ibu bisa kontak saya (SMS/WA) di no 081236952250.

    ReplyDelete