English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Saturday, December 26, 2015

NKB Edisi Akord (2) Mengikuti Jejak KJ & PKJ Edisi Akord


Semula, sejak mulai belajar bermain lagu-lagu menggunakan KJ Edisi Akord (tahun 2004) sebagai panduan, saya merasa sangat terbantu dengan harmoni-harmoni akord yang dituliskan di setiap lagunya. Memang pada awalnya terasa sangat sulit, tapi karena rasa ingin tahu yang sangat tinggi, saya pantang menyerah untuk terus mempelajari cara dan teknik bermain semampu saya. Seiring waktu berjalan, saya mulai menemukan cara dan teknik permainan ala saya sendiri, dan mulai menikmati harmoni akord dari setiap lagu yang saya mainkan.
Buku NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER-Kupang

Ternyata lagu-lagu dalam himpunan Kidung Jemaat sangat bagus dan berkualitas karena memiliki harmoni akord yang sangat indah dan teratur. Harmoni-harmoni akord yang diterapkan pada lagu-lagu di dalam KJ Edisi Akord sungguh di luar dugaan saya ketika dimainkan.

Ya, sekali lagi saya katakan, sangat indah dan teratur. Harmoni akord yang ada sungguh menghadirkan harmoni musik klasik yang diharapkan sebagaimana layaknya lagu-lagu berkategori Hymn dan Anthem. Memang sungguh di luar dugaan saya, karena sudah sejak lama lagu-lagu Kidung Jemaat maupun lagu-lagu lainnya sering disuguhkan oleh kebanyakan pemain musik gereja dengan permainan harmoni yang, dengan sangat menyesal saya harus katakan, tidak indah dan tidak teratur. Mohon maaf atas pernyataan saya ini karena mungkin saja terlalu subyektif. Tapi kenyataan ini pula yang menyebabkan saya untuk sekian lamanya tidak tertarik dengan musik dan puji-pujian yang biasa dipakai di dalam kebaktian-kebaktian di gereja (khususnya gereja-gereja di lingkup GMIT).

Memang, kendala terbesar yang saya temui selama berpuluh-puluh tahun dari para pemain musik adalah kendala harmoni akord dalam memainkan lagu-lagu Kidung Jemaat. Penempatan akord pada bagian-bagian lagu tidak boleh asal, butuh penghayatan dan/atau apresiasi yang mendalam dari seorang pemain musik terhadap lagu yang dimainkan. Di samping itu, pemahaman yang memadai tentang akord dan harmoni akord itu sendiri juga (baca: teori musik) akan sangat membantu menciptakan harmoni-harmoni yang diharapkan. Dan, pengalaman (jam terbang) pun berperan penting dalam menghasilkan harmoni-harmoni yang indah dan teratur.

“Kembali ke harmoni!”

Di samping menghadirkan harmoni yang diharapkan, harmoni yang dalam KJ Edisi Akord pun akhirnya membuat saya semakin jatuh cinta dengan lagu-lagu yang sesungguhnya antara asing dan tidak asing di telinga saya. Begitu pula dengan PKJ Edisi Akord yang saya peroleh pada tahun 2010/2011 lalu semakin menambah perbendaharaan permainan lagu-lagu dalam edisi akord. Penggunaan KJ dan PKJ Edisi Akord ini, sebagaimana dikatakan di atas, sangat membantu saya (dan pastinya pemain musik gereja) dalam hal keindahan dan keteraturan permainan, dan bahkan konsistensi permainan dari waktu ke waktu.

Sedikit paparan di atas menyiratkan beberapa kemudahan dan manfaat ketika kita bermain musik untuk mengiringi puji-pujian dengan menggunakan petunjuk akord. Saya yakin bahwa pemain musik gereja yang telah terbiasa menggunakan buku edisi akord akan sangat diuntungkan ketika harus memainkan sejumlah lagu baik yang sudah diketahui (biasa dimainkan) maupun belum diketahui (tidak biasa dimainkan). Dan, saya juga menjamin bahwa pemain musik yang sudah terbiasa tersebut akan selalu dan tetap menghadirkan permainan musik yang indah dan teratur.

Keuntungan, kemudahan dan manfaat luar biasa dari KJ dan PKJ dalam Edisi Akord inilah yang mendorong saya untuk mencoba menyusun NKB Edisi Akord yang setelah dicari-cari ternyata memang belum ada. Saya tergerak menyusun NKB Edisi Akord ini, di samping untuk dipakai secara pribadi, juga untuk membantu sahabat-sahabat sesama pemain musik gereja yang mungkin saja membutuhkan dan/atau yang sudah terbiasa bermain musik menggunakan buku-buku lagu dalam edisi akord. Saya juga termotivasi untuk, kalau boleh, bisa menjadi orang pertama yang menyusun NKB dalam Edisi Akord dan melengkapi koleksi buku-buku lagu dalam edisi akord yang sudah ada.

Melalui postingan ini, saya ingin memberitahukan secara terbuka kepada semua pihak, khususnya Sinode Am GKI selaku pemegang hak cipta, bahwa saya telah menyelesaikan penyusunan buku nyanyian Nyanyikanlah Kidung Baru Edisi Akord dan siap dipergunakan oleh saya sendiri maupun sahabat-sahabat saya (sesama pemain musik gereja) untuk tujuan pelayanan. Perlu dicatat di sini bahwa walaupun kerinduan hati saya sebagaimana yang terungkap dalam episode curahan hati di atas begitu besar, tapi saya sedikitpun tidak berencana untuk menjual Buku NKB Edisi Akord ini secara bebas. Buku NKB Edisi Akord ini akan dicetak terbatas dan hanya dipakai oleh kalangan terbatas.

Semoga kehadiran NKB Edisi Akord ini bisa memenuhi harapan para pengguna buku-buku nyanyian dalam edisi akord. Kritik dan saran yang konstruktif sangat dibutuhkan demi penyempurnaan isi buku di masa-masa yang akan datang.

0 comments:

Post a Comment