English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Saturday, September 19, 2020

5 Langkah Praktis Bermain Piano [Untuk Pemula]

Oleh: Pietro T. M. Netti

[Tuan Rumah Rumah MUGER Kupang]

 


5 LANGKAH PRAKTIS BERMAIN PIANO [Untuk Pemula] atas adalah judul dari sebuah buku panduan untuk belajar bermain piano bagi pemula karya Rumah MUGER Kupang. Buku panduan ini disusun dengan metode pembelajaran yang sederhana dan ringkas, dan menawarkan hanya 5 langkah untuk bisa bermain piano.

Ya, hanya 5 langkah, dan seseorang sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar yang baik untuk bisa bermain piano dengan baik pula. 5 langkah ini adalah langkah-langkah praktis dan sistematis yang bilamana dikuasai maka langkah kita pasti akan terhenti di langkah yang ke-6. Ya, karena pastinya kita akan duduk dan menikmati permainan piano kita sendiri.

Materi yang ada di dalam buku ini ditujukan khusus kepada mereka yang ingin menjadi pemain/praktisi musik gereja yang nantinya bisa memainkan lagu-lagu himne gerejawi dengan baik dan benar. Semua materi pembelajaran mulai dari latihan dasar hingga dengan latihan lagu disusun dengan menggunakan sistem penulisan notasi angka.

5 langkah praktis yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Langkah #1: Orientasi & Pengenalan Papan Nada,
  2. Langkah #2: Tangga Nada Diatonik & Penjarian,
  3. Langkah #3: Latihan Trinada & Kadens,
  4. Langkah #4: Latihan Lagu, dan
  5. Langkah #5: Latihan Variasi & Inversi.

Setelah menguasai langkah-langkah praktis yang ada dalam buku panduan ini, diharapkan seseorang bisa memainkan lagu-lagu gerejawi dalam notasi angka dengan baik dan benar, khususnya lagu-lagu dalam buku himpunan lagu edisi akord, seperti: Kidung Jemaat, Pelengkap Kidung Jemaat, dan Nyanyikanlah Kidung Baru, dan/atau lagu-lagu pop rohani yang telah ditulis dengan  notasi angka dan dalam edisi akord.

Ayo, mulailah melangkah dengan langkah-langkah praktis yang ada! Sebuah metode pembelajaran yang sederhana, ringkas, dan pasti! Berlatihlah hingga langkah terakhir, dan sukses ada di depan anda! Selamat berlatih! Salam perubahan & pembaharuan dalam biadang musik dan nyanyian gerejawi! Shalom dan Semoga Tuhan berkati kita semua!

 

0 comments:

Post a Comment