English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Saturday, January 7, 2017

“Wajah Baru” NKB Edisi Akord Karya Rumah MUGER Kupang



Oleh: Pietro T. M. Netti
Tuan Rumah RUMAH MUGER KUPANG

"Wajah Baru" NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang
Buku nyanyian NKB (Nyanyikanlah Kidung Baru) Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang kini tampil dengan “wajah baru”. Wajah baru NKB Edisi Akord ditandai dengan perubahan cover dengan warna dasar dan pilihan gambar yang lebih cerah dan dinamis. Desain cover yang baru ini dirancang dengan dominasi warna latar kuning dan hijau menggantikan desain sebelumnya yang didominasi warna putih dan kombinasi warna ungu. Penggunaan gambar bilah tuts piano/keyboard dan gitar akustik masih sama dengan perubahan desain yang lebih variatif.

Cover baru ini dibuat setelah dirampungkannya penyusunan NKB Edisi Akord dengan dilengkapi syair lagu dari 230 lagu yang terhimpun di dalamnya [Lihat: 230 Lagu NKB Edisi Akord Karya Rumah MUGER Kupang].  Desain ini dilakukan dengan maksud agar tampilan cover buku NKB Edisi Akord ini terlihat sedikit lebih menarik, dan/atau boleh juga dikatakan agar terkesan sedikit lebih professional. Dan keseluruhan pekerjaan desain dan pengetikan syair-syairnya rampung pada 3 Agustus 2016 silam.

Penyusunan buku NKB Edisi Akord ini merupakan buku Cetakan Pertama yang dilengkapi dengan syair lagu. Pada Cetakan Pertama (2016) ini, NKB Edisi Akord ini juga telah dilengkapi dengan penambahan Indeks Judul Lagu, Indeks Judul Asli, dan Indeks Notasi Lagu untuk mempermudah pencarian lagu/judul lagu, notasi lagu, dll.
Desain pertama Cetakan ke-1

Sebelumnya, tahun 2011-2015 sudah diterbitkan dua cetakan: Cetakan ke-1 tahun 2011 dan Cetakan ke-2 tahun 2013. Kedua cetakan tersebut belum dilengkapi dengan syair lagu (masih mengikuti pola Kidung Jemaat Edisi Akord-Yamuger), dan juga belum disusun Indeks Judul Lagu, Indeks Judul Asli, dan Indeks Notasi Lagu.

Cetakan ke-1 NKB Edisi Akord tanpa syair (2011) tersebut hanya digunakan secara pribadi oleh saya sendiri sebagai bahan tes/ujicoba, sambil terus melakukan proses editing untuk bisa mencapai kesempurnaan yang diharapkan. Pada Cetakan ke-2, NKB Edisi Akord tanpa syair (2013) tersebut digunakan oleh 2 (dua) orang murid binaan saya dan oleh saya sendiri, sambil kembali mencermati dan terus melakukan pengeditan di bagian-bagian yang dirasa perlu [Baca: Telah Hadir Buku NKB EdisiAkord Cetakan Ke-2 Karya Rumah MUGER Kupang].

Desain ke-2 Cetakan ke-2
NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang ini tetap dicetak/diterbitkan sendiri (self publishing) dalam Edisi Terbatas (untuk kalangan sendiri). Buku NKB Edisi Akord ini dicetak dalam bentuk print/photocopy dan dijilid spiral seperti buku-buku lagu edisi akord lainnya. Kiranya Buku  NKB Edisi Akord karya Rumah MUGER Kupang ini bisa melengkapi/menambah koleksi himpunan lagu-lagu dalam edisi akord [Baca: NKB Edisi Akord (1) Menambah Koleksi Buku Nyanyian Dalam Edisi Akord].

NKB Edisi Akord [Jilid Spiral]


Dan, lebih dari itu, kiranya NKB Edisi Akord ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sesama Pemain Musik Gereja di dalam melakukan pelayanan di bidang musik dan puji-pujian [Baca juga: NKB Edisi Akord (2) MengikutiJejak KJ & PKJ Edisi Akord].

0 comments:

Post a Comment