English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Saturday, August 23, 2014

GEREJA DAN PEMAIN MUSIK GEREJA (8)


CATATAN AKHIR

Oleh: Pietro T. M. Netti
(Pelaku Musik Gerejawi-
Warga Jemaat Gunung Sinai Naikolan)

Memang untuk melakukan proses seleksi/perekrutan dan pelatihan/pembinaan seperti yang telah dijelaskan di atas tidaklah mudah. Ada sejumlah konsekuensi yang patut menjadi perhatian bersama baik oleh pihak gereja maupun pemain musiknya.

Gereja, dengan melakukan proses-proses tersebut, mau tidak mau harus memikirkan dan/atau melakukan pengelolaan sistem administrasi dan manajemen yang professional dan bertanggung jawab dalam arti gereja sebagai sebuah institusi perlu menerapkan sebuah sistem kerja professional yang dapat menjamin kesejahteraan karyawannya termasuk pula pemain musik gerejanya.

Pemain musik gereja pun menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gereja dalam melaksanakan tugas, fungsi dan perannya di dalam pelayanan gereja. Pada prinsipnya, gereja dan pemain musik gereja memiliki hubungan dan/atau ikatan kerja timbal balik, yang di dalamnya terdapat sejumlah hak dan kewajiban yang patut dipenuhi oleh kedua belah pihak.

Demikianlah, gagasan yang berhubungan dengan gereja dan pemain musik gereja: Apa yang harus gereja pikirkan/lakukan untuk membenahi kondisi musik pengiring yang sesungguhnya memiliki fungsi dan peran yang sangat besar di dalam sebuah proses peribadatan?

Untuk menjawabnya, gereja perlu memikirkan dan/atau melakukan cara-cara/sistem professional dalam hal melakukan proses seleksi dan/atau perekrutan, dan pelatihan dan/atau pembinaan pemain musik gerejanya.

Gereja pun harus memikirkan dan/atau melakukan pengelolaan sistem administrasi dan manajemen yang professional dan bertanggung jawab, sehingga memiliki hubungan dan/atau ikatan kerja timbal balik, yang di dalamnya terdapat sejumlah hak dan kewajiban yang patut dipenuhi oleh gereja dan pemain musik. Semoga

TUHAN menolong kita!

Kembali ke: CATATAN AWAL
Tulisan sebelumnya: GEREJA MENELAN SIMALAKAMA

0 comments:

Post a Comment