English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Wednesday, December 18, 2013

Nyanyikanlah Kidung Baru (NKB) Edisi Akord

Kata Pengantar

Puji syukur kepada TUHAN atas penyertaan dan bimbingan-NYA, akhirnya penyusunan naskah buku nyanyian Nyanyikanlah Kidung Baru dalam edisi akord (NKB Edisi Akord) dapat dirampungkan pada bulan Mei 2013 silam.
Buku nyanyian NKB Edisi Akord ini disusun dalam rangka membantu para pemain musik gereja yang mau belajar dan/atau memainkan lagu-lagu yang terhimpun di dalam buku nyanyian NKB dengan menerapkan harmoni akord secara baik dan teratur.
Di samping itu, penyusunan buku ini juga dimaksudkan untuk melengkapi koleksi himpunan nyanyian jemaat dalam edisi akord lainnya yang telah disusun dan diterbitkan oleh Yamuger (Yayasan Musik Gereja Indonesia) yakni Kidung Jemaat Edisi Akord (KJ Edisi Akord) dan Pelengkap Kidung Jemaat Edisi Akord (PKJ Edisi Akord).
Kiranya buku nyanyian NKB Edisi Akord (untuk kalangan sendiri) ini bisa bermanfaat bagi para pemain musik gereja dalam memainkan lagu-lagu di dalam buku nyanyian NKB secara baik dan teratur dalam penerapan harmoni akordnya. Kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan guna penyempurnaan naskah buku ini di masa-masa yang akan datang. IMANUEL!

Pietro T. M. Netti


Prakata

Penyusunan buku nyanyian Nyanyikanlah Kidung Baru (NKB) Edisi Akord ini dilakukan atas dasar inisiatif pribadi setelah melihat ketidaktersediaan buku nyanyian NKB Edisi Akord baik di toko-toko buku rohani maupun di internet. Padahal, sebagai pemain musik gereja (di lingkup pelayanan Sinode Gereja Masehi Injili di Timor), saya sangat membutuhkan buku NKB Edisi Akord sama seperti KJ Edisi Akord dan PKJ Edisi Akord yang telah diterbitkan oleh Yamuger.
Di GMIT, lagu-lagu NKB telah dikenal luas oleh jemaat, dan bahkan telah menjadi nyanyian wajib di setiap Kebaktian Utama Minggu maupun kebaktian-kebaktian lainnya sebagaimana halnya lagu-lagu KJ, PKJ, dll. Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa buku NKB Edisi Akord juga sudah sangat dibutuhkan oleh pemain-pemain musik gereja di kalangan GMIT.
Harmoni Akord yang dicantumkan di setiap lagu di dalam NKB merujuk pada pengalaman memainkan lagu-lagu yang ada selama ini. Di samping itu, penerapan akord juga mengacu pada harmoni nada/suara yang terdapat di dalam buku nyanyian NKB Empat Suara yang diterbitkan oleh Badan Pekerja Majelis Sinode GKI dan Yayasan Musik Gereja Indonesia (Yamuger).
Namun demikian, tidak berarti bahwa NKB Edisi Akord ini dapat digunakan untuk mengiringi seluruh nyanyian di dalam NKB Empat Suara. Ada sebagian harmoni nada/suara di dalamnya yang bisa diterapkan ke dalam akord, tapi ada pula harmoni nada/suara dari lagu-lagu tertentu yang cukup unik dan sulit untuk diterapkan ke dalam akord.
Bagi para pemain musik gereja yang pernah atau sudah terbiasa memainkan lagu-lagu di dalam KJ Edisi Akord dan PKJ Edisi Akord, penulisan akord lagu di dalam NKB Edisi Akord juga dilakukan dengan cara/pola yang sama. Penulisan nama/jenis/simbol akord dan hubungan akord (hubungan paralel dan harmonis) disesuaikan dengan nada dasar yang tertera di setiap lagunya. Ada pula simbol pembalikan akord (chord inversion) untuk permainan tangan kiri dalam memainkan bass.
Setelah merampungkan penyusunan NKB Edisi Akord, saya pernah bersurat (via email) ke Yamuger, jika memungkinkan, saya akan mengirimkan naskah ini untuk bisa diteliti kembali oleh Tim Penyusun Akord Yamuger untuk selanjutnya diterbitkan. Balasan yang saya terima adalah bahwa Yamuger tidak memiliki hak untuk menerbitkan buku nyanyian NKB. Saya disarankan untuk langsung menghubungi Sinode GKI (Gereja Kristen Indonesia) selaku pemegang hak cipta, tapi hingga saat ini saya belum mendapat tanggapan.
Untuk menjawab kebutuhan para pemain musik gereja (khususnya di kalangan GMIT), tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada pihak Sinode GKI sebagai pemegang hak cipta, saya berinisiatif untuk menerbitkannya dalam sebuah edisi terbatas (untuk kalangan sendiri) untuk dapat dipergunakan oleh para pemain musik gereja yang mau belajar atau yang sudah terbiasa menggunakan/memainkan lagu-lagu dalam edisi akord.
Ke depannya, jika pihak Sinode GKI belum juga menerbitkan buku nyanyian NKB Edisi Akord, saya akan terus berusaha untuk meminta persetujuan dan/atau kerjasama dengan pihak Sinode GKI untuk dapat menerbitkannya. Kalaupun tidak, hasil kerja ini akan tetap digunakan secara pribadi untuk memainkan lagu-lagu NKB dan/atau dapat pula digunakan oleh pihak lain (pemain musik gereja) yang berminat.
Semoga NKB Edisi Akord (untuk kalangan sendiri) ini dapat bermanfaat! AMIN!
 Pietro T. M. Netti

5 comments:


  1. Syallom,
    nama saya Abel, saya tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara. saya bekerja sebagai penata layanan ibadah di Gereja Jemaat Ora Et Labora Kendari, Sulawesi Tenggara, saya sangat tertarik dengan buku NKB edisi Akord ini, dan saat ini saya sangat kesulitan untuk mengiringi puji-pujian NKBdi jemaat saya, untuk itu saya ingin membeli buku NKB edisi akord ini untuk menunjang pelayanan ibadah di Jemaat kami. Terima Kasih. Mohon Bantuannya. Syallom.

    ReplyDelete

  2. Syallom,
    nama saya Abel, saya tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara. saya bekerja sebagai penata layanan ibadah di Gereja Jemaat Ora Et Labora Kendari, Sulawesi Tenggara, saya sangat tertarik dengan buku NKB edisi Akord ini, dan saat ini saya sangat kesulitan untuk mengiringi puji-pujian NKBdi jemaat saya, untuk itu saya ingin membeli buku NKB edisi akord ini untuk menunjang pelayanan ibadah di Jemaat kami. Terima Kasih. Mohon Bantuannya. Syallom.

    ReplyDelete
  3. Syalom, oak Abel! NKB Edisi Akordnya sudah ada! Info selanjutnya, kontak ke email: pietronetti@gmail.com. Trims!

    ReplyDelete
  4. Syallom,
    Sebagai pemula dalam bermusik aya sangat ingin memiliki NKB dengan acord untuk melengkapi referensi musik saya... mohon bantuan infonya. Terima kasih. TYm

    ReplyDelete
  5. Syallom,
    Sebagai pemula dalam bermusik aya sangat ingin memiliki NKB dengan acord untuk melengkapi referensi musik saya... mohon bantuan infonya. Terima kasih. TYm

    ReplyDelete